Bingung Pilih Sekolah Setelah Lulus SMP? Kenali Jenis Sekolah Menengah yang Ada di Indonesia – Ada beberapa jenis sekolah menengah atas (SMA) yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut ini penjelasan singkat mengenai jenis SMA tersebut…

Mengenal Jenis Sekolah Menengah

  1. Sekolah Menengah Atas (SMA)

SMA merupakan sekolah yang siswanya diproyeksikan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi karena materi pelajaran lebih ke arah teoritis dan tidak banyak melakukan praktik. Ada tiga program pengajaran di SMA, yaitu Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Program Bahasa.

  1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SMK mempunyai banyak jurusan hingga mencapai 160 jurusan se-Indonesia dan materi pelajaran lebih banyak ke arah praktek sehingga siswa akan lebih siap kerja.

Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan untuk :

  1. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional.
  2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir untuk masa depan mereka.
  3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah dan mengisi kebutuhan tenaga kerja di dunia usaha.

3. Madrasah Aliyah (MA)

Mempunyai maksimal 3 jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Materi pelajaran lebih ke arah teoritis dan pemahaman keagamaan. Materi keagamaan lebih banyak di banding SMA.

Pilihan terbaik yaitu dengan sekolah di “Al-Ma’soem Islamic Boarding School”. Mengapa harus di Al Ma’soem? Pendidikan di Al-Ma’soem mengikuti sistem pendidikan Nasional yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman. Selain itu, SMA Al-Ma’soem merupakan sekolah berasrama favorit atau boarding school favourite yang ada di Bandung yang memiliki fasilitas lengkap seperti : balai serba guna, laboratorium komputer dengan internet dan hotspot, sarana olah raga (lapang voli, futsal, sepak bola, panjat dinding, kolam renang), dll.

Daftar sekarang juga di:

Yayasan Al Ma’soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
E-mail: info@masoem.com
Website: http://almasoem.sch.id/

Leave a comment